RSS

Introvert sejati

06 Nov

Dulu kalo denger kata introvert selalu mengartikan dengan kuper… jadi ndak pernah ngrasa deh jadi orang introvert…wong rasanya ndak kuper tuh….he he he…

Justru berfikir bahwa diriku orang yang konservatif, alias kuno..ndak suka pergaulan bebas yang berkembang di lingkungan sekitar…. Mungkin karena memandang kehidupan seperti itu menyesakkan dada dan selalu berada di sekitar…fuiih…

Lingkungan itu membuatku overprotektif terhadap diri sendiri sehingga tampak dari luar menjadi orang yang super duper egois dan cuek… woow… jelek sekali ya waktu itu ….

Dan Alhamdulillah Allah  memberiku kesempatan berada di lingkungan pergaulan  yang membuatku tidak nyaman itu tidak lama  , setelah itu selalu diberi lingkungan baru yang tenang dan baik…. Walo terkadang merasa asing , karena harus menyesuaikan diri dan yang pasti sangat ku syukuri …  dan  bagiku semua adalah  keajaiban dan menyakini semua itu karena Allah telah mengabulkan doa anak polos itu…hi hi hi…

Pernah berada di lingkungan yang tidak nyamanitu,  tidak  membuatku menyesal ,  karena dari situ banyak memberi pembelajaran yang sangat berarti  , bagaimana arti hidup yang sebenernya… Subhanallah

Dari dari kamus yang aku dapat ,arti kata introvert itu adalah kecenderungan untuk focus pada dunia sendiri daripada dunia luar, contohnya suka baca, instropeksi dan mendengar…

” lah itu gue banget gitu looh….:) “… he he he

….pantesan waktu ngikutin tes dominan sekali ya….

Tapi kok aku gak ngrasa kuper …?  apa karena suka baca?atau karena lingkungan kantor yang sangat banyak membantuku bisa berinteraksi dengan dunia luar ya….???

Atau kuper itu karena efek dari karakter introvert ini? hmmm… bisa jadi.. kalo sudah menarik diri dari dunia luar  tetapi tidak memiliki keinginan untuk mengembangkan diri atau malah aktifitasnya tidak membuatnya makin maju ya bisa jadi si kuper ini deh ..hiiii..!!!  siapa mau…??? ogah agh!!!

Beberapa tahun terakhir ini, memang ada keinginan yang mendesak untuk merubah habitku , yaitu tidak suka berinteraksi dengan banyak orang. MasyaAllah susah nya….

Paling stress adalah awal berumah tangga, karena dengan memiliki keluarga baru otomatis kita dituntut untuk bisa berinteraksi dan selalu berkomunikasi, kegiatan silaturahim yang mesti diikuti rutin, membuatku stress ..ndak tau kenapa… parah deh…. Dan sempet menjadi bahan pembicaraan… tapi karena aku waktu itu masih sangat cuek .. ya ndak mikir..suka suka… dan semoga waktu itu beliau2 memaklumi diriku yang masih muda itu…. he he he… sekarang lumayan lah dari pada manyun..hiks3

Keluarga beres ..sama tetangga deh ..lebih susah lagi niiih….

Karena kebiasaanku dari kecil milih milih temen, ini jadi kendala besar buatku untuk belajar berinteraksi dengan lingkungan rumah, kan gak bisa milih tetangga to.. kan suka suka mereka beli rumah disebelah siapa… hehe he

Padahal secara teori sepertinya mudah ya..kan tinggal menyapa,memperkenalkan diri trus sering sering menyambangi, kirim makanan yang berlebih atau yang bikin aromanya sampai ke pintu sebelah… udah si dilakukan si …tapi yang berangkat anakku atau mbaknya…. Malah kadang suamiku yang rajin… Ha haha….  sungguh terlalu…

Stempel buatku seringkali di bilang somse… duuh…ndak mau banget lah, tapi kok susah banget loh… mending disuruh nguras bak dari pada nenangga… bener… deh .

Padahal tau banget lah ya, silaturahim tuh penting banget… yaaah sudah setua ini masih susah mengatasi… rasanya kayak orang yang ndak bisa nyanyi disuruh naik keatas panggung diliat ribuan orang dah…. Stress!!!.

Kalo dengan  lingkungan kantor sangat mudah lah beradaptasi karena ada visi yang bisa disamakan…

Subhanallah … sejak mulai memasuki dunia kerja sampai sekarang aku selalu berada di bagian yang harus selalu berinteraksi dengan orang langsung, padahal saat itu hati kecilku menginginkan aku di back office atau belakang layar….

Dan sekarang itu ku syukuri ( dulu nyesel dan sebel deh he hehe) dengan pengalaman itu, aku bisa sedikit mengatasi kekurang sukaku tuk berinteraksi dengan banyak orang… dari terpaksa jadi biasa, tapi tetap belum bisa SUKA…. Karena tuntutan pekerjaan saja… Tapi dari semua itu, Allah Maha Adil….. kalo tidak diberi kesempatan itu..bisa jadi aku menjadi orang KUPER beneran, tau bener bener KUPER ya… hahaha….

Kadang bingung juga ya… gimana aku bisa ditempatkan pada pekerjaan yang menuntutku berinteraksi dengan orang orang  dari segala usia dan dengan  interest yang beragam….  liat dari mana… tapi karena prinsipku …orang lain bisa masa aku ndak,  ya jalani aja..toh akhirnya ..lancar lancar aja tuh…

Alhamdulillah lagi, suami berkarakter yang sangat bertolak belakang dengan ku, ektravert sejati dah, awalnya tentu sulit beradaptasi… gimana gak… karena kayak langit dan bumi deh… tapi semakin kesini .. itulah indahnya Allah menciptakan pasangan , hitam putih, siang malam, baik buruk, laki dan perempuan… berbeda untuk saling melengkapi tentunya…. Subhanallah…

Coba kalo kami sama2 gak gaul…apa kata dunia…hahaha ha… yang kasian tentunya anak anak keturunan kita yang merasakan efeknya….bisa jadi loh ini….

Sepertinya , apapun yang ada didiri kita  tentunya Sang Pencipta Allah SWT memiliki scenario yang indah untuk semua mahlukNYA…..

Pasti ada manfaat  yang pantas dan harus kita syukuri…

Dan selalu ada hikmah yang dapat di petik…agar kita terus belajar dan belajar memahami  bahwa dalam diri kita ada sesuatu yang istimewa yang harus terus kita kembangkan…  apapun dan kapan pun… InsyaAllah….

 
7 Komentar

Ditulis oleh pada 6 November 2009 in KENALI DIRI

 

7 responses to “Introvert sejati

  1. sunflo

    10 November 2009 at 12:44 PM

    he..he…kalo sama2 introvert, hwedeww…kudu siap kupin ma telinga yg supeer tuebeel ya jeng..yup semuanya perlu ada keseimbangan, kadang yg berlaku tuh…kita harus bisa ngertiin org lain, tapi ga bisa maksain org lain kudu ngertiin qta…^^

     
    • dwiewulan

      11 November 2009 at 7:27 AM

      keseimbangan sudah di atur dengan cermat oleh yang maha Tinggi dan maha Pencipta… ya gak jeng….
      kita tinggal mensyukuri nikmat itu….

       
  2. sunflo

    10 November 2009 at 12:45 PM

    eeeh…ralat, kuping ma muka..(wah aq tuh sering salah pencet tombol gara2 kecepeten ngetik…weleh)

     
    • dwiewulan

      11 November 2009 at 7:26 AM

      itusalah satu sifat introvert kah??? hi3

       
  3. sedjatee

    11 November 2009 at 7:20 AM

    cocok lah… introvert ketemu ekstrovert… jadinya klop, pasti anaknya banyak, hehehehe… salam introvert…

    sedj

     
  4. eko mahdi siwi (@mahdiplusplus)

    4 Februari 2013 at 2:43 PM

    Semoga saja kelak saya ketemu dengan yang ekstrovert

     
    • dwiewulan

      15 April 2013 at 6:59 AM

      aamiin brarti mas nya introvert ya .. hehe

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: