RSS

ada kenangan ..ada harapan….

05 Okt

P1011907Tahun ini sepertinya banyak moment yang membuatku mengingat masa masa dulu , terutama masa remaja .

 Sudah pasti ini karena semakin intens nya berkomunikasi dan bertemu kembali dengan teman teman lama… hal yang paling membantuku adalah merefresh kembali kejadian –kejadian dulu .. karena banyak sekali hal yang bener bener sudah kulupakan… entah karena keinginanku atau karena kejadiannya memang tidak meninggalkan kesan …

Banyak juga temen- temen yang sudah lupa dengan banyak kejadian sepertiku… tapi Subhanallah… ada 1-2 temen yang ingatannya sungguh mengagumkanku…

Menurutku si ini bisa dikarenakan 2 hal yaitu dari karakter dan bagaimana dia menyikapi pengalaman hidup… Dari beliau beliau ini Informasi dapat kita ambil dan serap… karena justru infonya lebih detail dan emotional …

Seperti kemarin waktu reuni ketemu sahabat lama jaman di sma 1 , dengan gamblangnya jeng In menceritakan suasana disekolah ketika aku harus pulang, pada saat Ibuku meninggal , pada waktu itu masa orientasi masuk smp 1.. belum ada 1 minggu belajar disana… sejak itu dia berempati padaku…

Subhanallah… setelah bertahun tahun hal ini baru aku tahu…

Padahal waktu smp kita gak pernah sekelas, dan bahkan waktu sma kelas 1 kami sering main dan centil centilan bareng bareng dengan sahabat lain pun , beliau tidak pernah mengungkapkan empati itu…. Makasih ya non… itu sangat berarti bagiku…..

Dan satu lagi , ada lagi salah satu temen cowok yang cukup deket dengan ku waktu sma kelas 2 dulu, yang ikut hadir dalam reuni itu dengan cueknya dia bilang,

 ” Lan , kan waktu itu mr X , diam diam suka sama kamu !”…. sontak sohibku yang lain ketawa semua …

” Itu mah basi… bukannya demen doang, kang. … la wong pernah ada story !! “ cletuk salah satunya…

Alhamdulillah temen cowok tadi itu gak denger cletukan itu.. biar lah dengan pemahaman nya… biar memorynya tidak bergeser tentang sohibnya …

Setidaknya dengan contoh itu, kita jadi tahu bahwa tiap orang berbeda dalam menyerap suatu peristiwa, bagi ku penting , tapi mungkin bagi orang lain biasa aja, demikian sebaliknya… dari sini kita jadi makin mengerti mengapa kita harus tetap hidup bersosialisasi…..

Ada satu ungkapan yang mengelitikku, ketika ada teman merasa kecolongan dengan satu kejadian yang berhubungan dengan sesuatu yang sudah menjadi ketentuanNYa kurasa….

Mungkin saat itu beliau merasa sakit hati, sehingga sampai saat ini masih diingatnya, padahal kalo ku klarifikasi bisa jadi pemahamananya akan berubah, tapi apakah perlu? Toh kejadiannya sudah lama, dan kalo dirunut gak ada kepentingannya juga … biarlah. Sudut pandang saat kita masih muda dan sekarang yang seharusnya sudah dewasa tentu beda dalam menyikapi permasalahan hidup bukan? Semoga itu hanya ungkapan sesaat dan tidak ada maksud apa2….

Dan bagi yang pelupa… he he he… pernah ku bahas deh di tulisanku beberapa waktu yang lalu…. Jadi gak usah di bahas lagi…

Jujur , sangat kunikmati semua moment itu, tujuanku selain refresh memory… yang paling utama adalah ingin mengetahui bagaimana dulu kehidupanku dan kisah kisah jaman remajaku dari sudut pandang orang lain…. Karena itu buatku bisa jadi bekal untuk Instropeksi .

Setidaknya, diakui atau tidak… pengalaman hidup waktu anak dan remaja itu sangat mempengaruhi pembentukan karakter, cara pandang dan gaya hidup kita sekarang …

Belajar untuk pandai berinstropeksi adalah , belajar memahami bagaimana orang memandang kita sebagai mahluk social. Dan sudah pasti orang lain memandang kita berbeda beda … semakin banyak informasi yang masuk, semakin banyak bekal buat kita untuk lebih mengenal diri kita ….

Ada yang pernah komentar, kalo di setiap fotoku, selalu sadar kamera… he hehe…

Sempat bingung juga, iya ya.. kok bisa , dari mana asal nya …. He hehe…

Ternyata beberapa kali berinteraksi dengan temen smp, sma dan kuliah.. dari situ baru tau … ooo ternyata ketauan oknum yang menularkan ilmunya….

Ya mungkin sudah pernah mendarah daging… jadi reflek sadar kameranya susah ngilangin… wakakakaka…….

Mungkin ini sisi negative karena  kita terlalu banyak berinteraksi dengan temen lama ya??? Soalnya seingetku… sempet loh bertahun tahun aku alergi sama kamera … jadi kumat dong… halaaah !!!

Sepenggal cerita…………….

23 September  2009…….ba’da magrib

 
 
 

 

Seingetku, rencana reuni ini idenya dateng dari temen-temen alumni PKP magelang,…

Tapi entah kenapa ya, Ade bilang didepan temen temen yang hadir pada saat memberikan kata sambutan selaku tuan rumah, bahwa ide ini timbul karena diriku… kok gitu… jadi kesandung deh nii… xixixi… ya wis deh… ku terima aja …

Emang Ade pernah janji sih, katanya, “ ok kalo kamu pulang… ada reuni deh… he hehe… “

Eniwey baswey,….yang penting acara akhirnya berjalan lancar… dan lebih dari yang diharapkan, Alhamdulillah…

Jadi inget percakapan , 1 hari sebelum berangkat mudik dengan Ade…

“ gimana de, jadi gak …yang udah confirm berapa orang???…

“ Belum ada yang confirm,.. tapi lumayan lah… ada Ade dan Wijanarko… !!” sahutnya becanda…

Halah, itu kan nama panjang dia… sepertinya pesimis dia….

Ya udah , gak ngarep kalo acara ini akan jadi dilaksanakan… toh bukan itu tujuan utamaku untuk mudik kan?… yang lebih penting adalah bisa silaturrahim dengan adik dan kakak yang sudah bertahun tahun gak pernah kumpul sama sekali… baru mau tahun ini diniatin kumpul semua… dan Alhamdulillah terlaksana…

Kembali ke reuni PKP…

Alhamdulillah pas hari H pak De sudah dateng, jadi gak perlu kebingungan cari tenaga antar jemput….. duh baru berasa bête nih, kenapa gak bisa mandiri kalo urusan transportasi……( suami kok dianggep kayak supir…hiks ).

Dah Jam 5, ku sms Mr. Ade lagi… jadi gak??….

Aku dah di Paddy… dimana?” ..sahutnya…

“ Hiks masih di jalan… kang di sana kan kecil, pindah aja ya… aku langsung ke Kebon Tebu deh…reservasi… dirimu tunggu temen2 disana… kalo yang belum dateng sms aja, suruh langsung ke KT..ocree…. “

Alhamdulillah,… ternyata yang dateng gak cuma ade dan wijanarko ajah…he hehe….

Ada loh yang masih jalan jalan sama keluarga..ku paksa mampir…

Kan magelang kota kecil… tinggal cling!!..pasti nyampe kan…. Makasih ya Him & Munz… soalnya kalo gak ada kalian… masak kita aja yang dari angkatan III… gak seru deh…

Sekali lagi… ilmu provokator nya berhasil…… amiiin….

Acara bebas tapi seru lah, dijamin menu utama adalah nostalgia yang gak habis habis nya di ceritakan…

Karena yang hadir alumni magelang semua.. ini reuni jadi kayak khusus orang magelang ajah… padahal gak ada niatan gitu … tapi dulu emang kita paling kompak persaudaraannya… bukan apa apa… la wong emang paling banyak asal nya dari situ.. he he he…

Ada kenangan dan ada harapan… ada reuni dan ada silaturahim………

 

Sepenggal yang lain….. sehari setelahnya…..

24 September 2009, 09.00 wib

 

“ Sars , posisimu dimana?…ketemuan yuuk…?”

“ Wah aku masih disolo, blm bisa balik hari ini, ada masalah dengan aki mobil… “

“ Gpp, gak mesti hari ini lagi, toh aku masih ada di jogja juga…. “

“ OK.. besok begitu sampai …ku kabari ya…. Siiiiip “

Itu obrolan ku dengan beliau salah satu temen terdekat ku , setelah belasan tahun blm pernah ketemu lagi, yang katanya dia bermimpi ketemu dengan ku, dream come true.. hiks…

Entah gimana, tanpa rencana pagi itu, niatnya hanya ketemu dengan nya dirumah mirah… akhirnya banyak sahabat yang bisa hadir….

Ada yang belum mandi, kupaksa dateng, ada yang baru menyuapin anak setelah di sms , Alhamdulillah bisa dateng…. Seru…

Saking seru nya… bubar dari situ… sebagian dari kami melanjutkan …pertemuan di tempat makan favorite jaman dulu… jaman kalo kekurangan uang jajan … ambil gorengan 2 ngaku 1… idiiih….

Kalo kita belum ada jadwal acara keluarga… besoknya bakal dilanjut deh….

Hanya saja , sedikit sedih ketika ada beberapa temen yang menyatakan rindu ingin ikut berkumpul, tapi di ujung smsnya dia bilang tidak mau hadir dengan alasan minder…. Duuh… padahal sudah ku bujuk , ku bilang “ kan ini yang kumpul kalangan menengah kebawah, halah”… dasar pedagang paling bisa cari alesan… padahal gak ada itu… kita toh tetep sama manusianya di mata Alllah, yang membedakan adalah keimanan kita ya toh… minder itu kalo kita tak punya moral… ya ya ya ya …

Gak nyalahin,… karena hati kecil siapapun akan memiliki rasa ini, sangat manusiawi…..

Next time, harus punya cara biar rasa itu tidak ada lagi…

Sehingga bisa merubah kenangan jadi harapan…

Tak sekedar reuni  karena harus berubah menjadi silaturahim,…

yang penuh makna,….

 penuh cinta ……

dan penuh persaudaraan…. ……amiiin

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 5 Oktober 2009 in KENALI DIRI

 

2 responses to “ada kenangan ..ada harapan….

  1. mama 3S

    25 Oktober 2009 at 1:49 PM

    Say…maaf ya kalo komenku di fb bikin gak enak ati, tapi benerrrr aku gak ada maksud apa2 selain bercanda! Kebangeten ya bercandanya??? Aku gak kecolongan kok, bener itu sudah jadi kuasaNya..kita bisa apa? Tenang wul, dalam hal ini tidak ada yang salah!!! It’s just a memory… Btw, sarsinah dimana? Salam ya!!

     
  2. wulan

    26 Oktober 2009 at 8:41 AM

    it’s ok dear….
    ndak papa banget kok… sangat maklum dan sangat mengenalmu…say.. jadi ndak ada yg tersinggung……
    malah seneng bisa di luruskan kalo memang di perlukan.. ya gak sih….

    ” oya dirimu kenal sars ya… waktu dia test masuk PKP dulu ya…? Dia di Solo bu, anaknya baru satu.. InsyaAllah nanti ku salamin…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: