RSS

Capek deeh….

28 Agu

P1010552 Melakukan kegiatan terus menerus seperti orang kecanduan itu sangat melelahkan psikis…

Tapi sepertinya banyak orang suka terjebak dalam rutinitas seperti ini…

Jujur kadang aku terjebak juga dalam situasi itu… melelahkan? Ya… sadarnya tapi belakangan setelah berhenti .

Jika sedang menyukai sesuatu barang atau tindakan… biasanya akan secara intens kulakukan terus menerus tanpa henti…

Misal nih, lagi suka satu baju … ya udah akan ku pakai sampai buluk… sampai dikira gak ada baju lain yang bisa di pake.. ha ha ha…

Dan pada titik tertentu… akan berhenti dan tidak suka sama sekali untuk memakainya lagi … aneh?

Bisa jadi orang lain beranggapan demikian, toh banyak  kolektor yang bertahun tahun menyukai koleksinya kan… gak bosen… berarti berlawanan kan??…

Tapi setidaknya jadi bisa di analisa, mengambil istilah bahwa “ sesuatu yang berlebihan itu tidak lah baik “…

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

( Al Araaf(7):31 )

Barangkali ayat ini bisa jadi acuan ya.. setidaknya dengan berpijak dari sini… kita bisa mengontrol setiap tindakan kita agar tidak sampai pada tindakan yang mudharat… nau’uzhubillah….

Tentu sulit untuk bisa keluar dari situasi yang sedang di sukai,… asal gak jadi norak .. rasanya syah syah aja deh…

Melelahkan secara psikis?? sepertinya dalam kasus tertentu iya sih … kalo sekedar suka memakai baju tertentu itu sih biasa… tapi..kalo sudah addict… bukankah sudah mengarah pada kejiwaan…

Misalnya gila belanja, gak boleh liat barang tertentu yang dia suka… bawaannya wajib beli…

Padahal sampai dirumah… di jogrokin gitu aja…alhasil menimbun barang deh..… bermanfaat? Tentu tidak … karena itu adalah kepuasan sesaat bagi dirinya… sisanya…. Banyak efek lah…

Contoh ni, kalo belanjanya emang karena punya uang berlebih it’s OK dong … tapi kalo gesek kartu?? waduuh… ya repot…. Yang ada berantem sama pasangan atau diomelin ortu pastinya…

Pernah ni suatu waktu, lagi nyandu nonton film seri, ampun deh… sadarnya setelah bosen loh… kok kemarin norak ya… bisa seharian mantengin layar , dan istirahatnya pas memenuhi hajat harian saja … weleh weleh…

Alhamdulillah nya sih… kalo aku pribadi gak terus terusan… paling paling beberapa hari udah gitu sembuh… tapi ganti kegiatan lain.. sampai bosen…. Hi hihi…

Kalo lagi seneng satu lagu yang kena di hati,… bisa loh berjam-jam tuh lagu di puter gak henti henti… kasian penyanyinya sampai haus… xixixixi. Kalo sudah puas ya sutra… kalo lagi gak sengaja aja denger,  ya dengerin… kalo gak ada yo wis gak bakalan dicari…

Ada gak ya orang lain yang kayak gitu…. Belum pernah liat sih….. ha haha

Hanya jeleknya ini juga berlaku dengan kegiatan positif… misalnya belajar… beberapa waktu yang lalu aku sedang seneng-seneng nya belajar suatu ilmu.

Kerjaannya tiap hari cari buku yang berkaitan, browsing sana sini, bertanya sana sini, membahas sama suami sampai beliau bosen (tapi kayaknya gak siih..asyik asyik aja tuh). Kali ini  lumayan bertahan lama, 1 tahun lebih lah , Hanya karena kesandung satu hambatan… udah deh stop… berhenti… sampai sekarang belum tergerak lagi untuk memulai …. padahal kadang sedih juga kalo melihat hasil kliping dan materi yang sudah kutulis tangan dan tersusun rapi itu , duuh kalo inget waktu itu betapa bersemangatnya aku… Tapi suatu waktu harus menyusun semangat itu lagi… InsyaAllah , tuk melanjutkan sesuatu yang bermanfaat .Semangat!!!!!

Cepat menyerah hmmm bukan deh kayaknya.. bisa jadi karena pembosan, atau moody atau karena kurangnya dukungan?

hmmm..ternyata tidak mudah ya mengenali diri sendiri…..

Tapi setidaknya bisa memahami sisi positif dan negative pada diri, semoga aku termasuk golongan ini yaah, karena masih lebih baik dari pada orang yang hanya bisa menilai orang lain negative tanpa bisa melihat kekurangan diri….

Semoga aku ,kamu , kita, bukanlah termasuk orang seperti itu ….

Karena melihatnya saja sungguh melelahkan …. Apalagi harus berinteraksi… hiiii… Capeeeek deeeeh…..

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 28 Agustus 2009 in KENALI DIRI

 

2 responses to “Capek deeh….

  1. Riri Endah Setyorini

    1 September 2009 at 2:08 PM

    Kayak lagi ngaca jeng….MasyaAllah…ternyata aku seperti itu ya??? Apa lagi kalau shopaholic-nya lagi kumat….kadang udah gak pikir panjang… banyak baju yang tak beli, tapi sampai sekarang belum tak pakai…mubazzziiirrrr….sampai2 pernah tagihan kartu kredit tiba2 muncul angka fantastis 30 jt…suamiku cuma geleng2..tapi Alhamdulillah sekarang udah mulai bisa dikontrol…ibarat penyakit,sekarang lagi fase penyembuhan…yaaa emang gak bisa langsung berubah 180 derajat…tapi minimal dengan mengurangi window shoping, keinginan jadi lebih terkontrol…. Tks jeng…untuk berbagi hikmahnya..InsyaAllah jadi bahan perenunganku..

     
  2. dwiewulan

    1 September 2009 at 9:54 PM

    Alhamdulillah andai tulisanku ini bisa memberikan muhasabah positif bagimu dan bagiku juga…..
    Woow surprise denger ceritanya… tx sudah mau berbagi ya….
    Dan Sama sama mba’e, semoga Allah SWT tidak menggolongkan kita sebagai orang yang berlebih lebihan….(lagi)… amiin.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: