RSS

Berbagi hikmah yuuk…

15 Agu

P1010406

Cerita kali ini, demi Allah tidak ada maksud untuk riya atau berbangga diri, hanya ingin berbagi hikmah. Hikmah yang berhubungan dengan hasil, bisa hasil kerja, hasil doa dan hasil ikhtiar. Karena harta , jabatan dan kesehatan merupakan karunia Allah apabila kita peroleh karena campur tangannya…

dan berkah tidaknya buat kita tentu tergantung dari cara kita memperolehnya bukan?….

Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami-pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.( Al an’am(6):44)

Bisa jadi nikmat yang kita peroleh belum tentu bentuk karunia dari Allah. Ataukah justru menjadi hijab yang menghalangi kita meraih rahmatNYa…duuh…na’uzhubillah yaah…

Tadi pagi berangkat kerja naik kendaraan umum seperti biasa, yang berbeda adalah isi penumpang yang menarik perhatianku.. Karena tumben sekali semua penumpang membawa anak kecil masing-masing 2..kecuali aku tentunya. Awalnya biasa aja, kemudian seperti biasa aku mengeluarkan senjata cuek yaitu sebuah buku. Hanya saja aku harus urung membacanya setelah ada seorang ibu naik dan membawa 2 anak pula… masyaAllah. Ibu satu ini sepanjang jalan memarahi anaknya yang besar kira2 usia 7 tahun dengan seragam sekolahnya… suaranya masyaAllah… serasa dirumah saja deh..sumpah serapah keluar semua dan bahan omelannya adalah masalah sangat sepele…. Dan anaknya cuek sekali..sudah kebal barangkali ya… duuuh aku sudah sangat tidak tahan untuk menegur ibu itu… istigfar… untung ibu ini cepat turun… he he he ..karena bukan ini inti masalahnya…

Gak lama aku di colek ibu yang duduk tepat didepanku…

”bu tukar uang ada gak?” sambil menyodorkan uang Rp. 50.000

“ Duuh maaf saya tidak ada bu”….

Si ibu tampak resah, ketika sampai tujuan dia menyodorkan ke abang supir…

“ Wah, bu saya baru keluar belum ada kembalian uang sebesar itu… gimana ya??”

Sepertinya keduanya mulai kebingungan, yang satu niat bayar dan yang satu belum rela kalo gak di bayar.

”ibu tuker di warung depan itu”..

Aduuh bakal lama deh ini… hmmm….

Si ibu sambil gendong anak yang kecil tertatih menuju warung .. beberapa detik, entah abangnya trenyuh atau hopeless…akhirnya di tinggal lah si ibu yang terbengong2 dengan uang selembar yang belum bisa ditukar itu….

Sungguh kejadian ini mengingatkanku , akan obrolan via telepon yang cukup seru dengan seseorang yang dulu teman sekantor. Obrolannya gak jauh jauh dari ngomongan kondisi kantor sekarang , dan nyambung ke pengalaman spiritual tentang sedekah dan rejeki yang berkah.

Dan ini hari jumat… seperti di beri tanda..subhanallah…sepanjang jalan selanjutnya…. Muaceet buanget. Tapi sepertinya tanda-tanda itu terus muncul dan aku harus mengurainya….hmmmm.

Hanya niatkan dalam hati bahwa  semua yang kulakukan adalah mengharapkan ridho , kelapangan dan kemudahan urusan pada hari ini…. Done… kecil, gak seberapa…tapi subhanallah efeknya…

Sampai di kantor belum sempat duduk, ada sms masuk;

“ Minta no rek ya mba, aku mau transfer hari ini…”

Subhanallah, seperti janji Nya… rejeki memang datangnya tak disangka-sangka…tapi secepat itukah?? …kun fayakun… Semoga menjadi berkah kami , Ya Allah…

Siangnya , gak ada angin gak ada hujan… ada satu temen yang sering makan bareng di pantry…tiba tiba buka pintu ruang kerjaku dan bertanya,

mbak mau makan apa? Aku beliin ya, enak kali ya makan urap sama sate..?”

He he he, gak nyambung si menunya, tapi karena gak ada ide dan ditraktir pula..mau aja lah… asyiiik. Surprise buat ku karena kami sangat jarang berinteraksi… tapi hari ini memang penuh berkah…amiin.

Selanjutnya makan deh kita berdua dengan nikmat..bener-bener nikmat…yummy… entah karena gratis entah karena beliau dengan tulus iklas memberikannya… selesaikah ceritanya..? ternyata tidak loh…

Menjelang sore…YM ku nyala…

“Mbak bantu aku dong..aku dikejar dateline nih… “ demikian ketikan dari sebarang.

“Adakah temen yang se level manager yang bisa aku wawancara ?”, tanyanya.

” Loh Artikelnya tentang apa dulu niih,” tanyaku balik …

Info kecantikan “, jawabnya… aha, aku langsung keinget temen yang mentraktirku tadi…

Kok pas bener… beliau kan sangat amat modis,  hanya  kebetulankah???

Sepiring nasi urap membuat beliau bisa diliput sebagai narasumber dalam artikel suatu majalah ….he he he.. semoga berkah buat beliau ya… amiin.

Yakinlah …yang mengerakkan hati-hati kami adalah Allah SWT yang Maha Berkehendak… Tanpa campur tanganNYA…semua tak akan terjadi kan…?? karena bisa saja kalo tadi dia gak traktir ..aku bisa mengingat nama lain… ya kan???

Bisa saja temen YM ku tadi gak menghubungiku tapi orang lain kan ??

Wallahu ‘alam

Hal hal kecil bisa menjadi besar maknanya apabila kita pandai memahami tanda yang diberikan Allah SWT agar manusia menjadi semakin beriman dan selalu mensyukuri nikmatNYA…. subhanallah…

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Agustus 2009 in Seputar diri

 

One response to “Berbagi hikmah yuuk…

  1. dewo_y

    15 Agustus 2009 at 2:47 PM

    semoga Allah selalu menjaga hati-2 kita dari hubuddunya yang fana….amin
    thank’s my Sweetest Qurratan’ayyun…..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: