RSS

lupa… lupa…ingat…

19 Jul

LUPA…LUPA…

P1011273Perjalanan mudik tahun lalu ternyata menyisakan kerinduan ingin bertemu sahabat-sahabat lama…….

Yah setelah 5 tahun tidak pernah merayakan hari raya Idul fitri di kota  kelahiran…rasa-rasanya..tiap detik berada disana kenikmatannya berbeda….apalagi ketika menyusuri sudut sudut jalanan bersama keluarga, berhenti di tempat tempat yang membawa kenangan …hmmm…..tak terkatakan…

Entah kenapa baru sekarang setelah 19th meninggalkan kota kelahiran….padahal waktu kuliah tiap tahun pulang mudik …. dan saat sudah bekerja tiap minggu pulang juga…tapi keinginan mencari rasanya berbeda dengan sekarang….

Bisa jadi karena waktu itu sudah memiliki lingkungan dan komunitas sendiri…..lebih focus ke temen kuliah dan teman kerja… entahlah….

Iseng-iseng intip di friendster kali aja bisa nemu nama seseorang yang kukenal…tapi karena ingatan ku sangat terbatas….( ini penyakit yang mesti segera disembuhkan deh..he he he )…..kok ya susah….

Entah hari keberapa… akhirnya aku menemukan nama yang rasanya popular waktu di sekolah dulu….(tapi tetap gak tau popular karena apa………….duh separah itukah … ha ha ha ha ha…

Singkat kata jadilah aku sebagai anggota milis…seneng banget…. Karena seperti menemukan sesuatu yang lama menghilang…( la emang iya…)………

Beberapa hari ikut aktif…kok gak ada temen-temen deketku dulu…temen sekelaspun jarang… dan rasanya jarang pula diantara anggota milis mengenaliku….hu hu hu hu … Jadinya agak segan juga untuk terlalu sering nimbrung obrolannya… sepertinya jarang nyambungnya…. Mungkin karena gak punya story sama sekali waktu dulu jadinya gitu deh………..

Walau begitu tiap hari tetap memantau dan membaca obrolan mereka…….karena subhanallah… itu membantuku untuk mengembalikan ingatanku yang sudah banyak sekali hilang….

Banyak EMOSI yang muncul ,

Senang & gembira karena menemukan banyak teman lama tapi baru kukenal….

Sedih & kecewa karena temen deket gak ada di milis huhuhu….

Iri melihat temen temen milis sangat akrab dan dekat..Kok aku gak ya??? Hu huhu lagi

Sesal….. sepertinya dulu aku gak banyak teman, gak memiliki memory banyak untuk berbagi …. Tapi kenapa ya?… apa karena terlalu membatasi diri..? entahlah…

Tapi puncaknya sih… happy karena sebagian memoryku banyak yang ku ingat kembali….. yang tadinya inget nama aja…mulai inget dikit-dikit…  sekarang sih sudah agak lumayan…setidaknya kerinduan itu cukup terobati…

Seiring berjalannya waktu dan terbantunya dengan jejaring pertemanan yang lagi ngetop… Alhamdulillah sahabat..yang lama mulai bermunculan…baik  smp , sma , kuliah , dan temen kerja dulu …subhanallah senengnya….

Dan itu sangat membantu untuk mengingat semuanya,…kejadian-kejadian kecil bersama , keceriaan yang sempat terlupakan , menjadi bahasan  yang menarik untuk mengingat masa lalu…. yah semoga kita tidak terlena…. setidaknya membantu menstimulasi kembali ingatan kita….sehingga kita bisa mensyukuri nikmat-nikmat yang telah Allah berikan kepada kita selama ini…. dengan kembali ke masa lalu …membuat kita bisa mengerti …bahwa apa yang kita alami sejak kita kecil sampai dewasa ini, adalah bagian dari rencana Allah yang terbaik…itulah yang selalu dan makin lama makin ku yakini…

Memang kita tidak boleh selalu dibayangi oleh masa lalu, namun terima atau tidak… rentetan keping-keping momen tersebut adalah pijakan langkah, tumpahan sejarah serta skenario hidup yang ternyata merupakan salah satu ANUGRAH terbesar yang telah diberikan oleh Sang Sutradara Kehidupan ALLAH SWT yang Maha Berkehendak…

Ayah dari ketiga anakku seringkali menasihati kepada buah hati kami bahwa apa yang kita dapatkan saat ini adalah HAL terbaik yang diberikan oleh-Nya… Oleh karena itu, segala usaha untuk kembali merangkai kejadian di masa lalu adalah wujud dari syukurku memiliki HAL-HAL TERBAIK dalam hidup yaitu……PERSAHABATAN KITA !!!! Itulah yang terbaik yang pernah dan akan selalu ku miliki dan rasakan… Terima kasih Sobat…

INGAT………

Kata lupa biasanya akan diikuti kata Ingat, karena orang lupa sangat perlu untuk diingatkan….. dan didalam Alquran banyak sekali di ulang-ulang kata yang sifatnya peringatan , yang notabene asal katanya “ingat”

Kenapa?

Terapi untuk menyembuhkan lupa adalah berupa “pengulangan”… di dalam Alqur’an banyak diulang ulang kalimat “peringatan’’yaitu untuk mengingatkan hambanya agar tidak lupa pada Allah & Hari Akhir … kalimat peringatan ini bisa dalam bentuk hidayah,kabar gembira , kabar buruk, bukti nyata …

Didalam al-qur’an juga ditemukan beberapa jenis lupa,

Kami akan membacakan (Al Qur’an) kepadamu (Muhammad) maka kamu tidak akan lupa, ( Qs.Al A’laa(87):6

Penumpukan informasi lama dengan informasi baru bisa membuat lupa akan peristiwa, nama orang serta beragam informasi lain

Ada jenis lupa yang hanya sebagian atau lebih di kenal dengan linglung…, jenis ini bisa jadi disebabkan oleh intervensi informasi yang datang kemudian. Sehingga informasi lama tercampur aduk dengan informasi yang baru atau bahkan hilang sehingga yang diingat hanya sebagian…

(Nabi Musa AS),Muridnya menjawab: “Tahukah kamu tatkala kita mencari tempat berlindung di batu tadi, maka sesungguhnya aku lupa (menceritakan tentang) ikan itu dan tidak adalah yang melupakan aku untuk menceritakannya kecuali setan dan ikan itu mengambil jalannya ke laut dengan cara yang aneh sekali.” Qs.Al Kahfi(18);63

Tapi yang pasti jangan masuk ke jenis yang satu ini deh..yaitu lupa terhadap Allah & hari Akhir…lupa ini adalah meninggalkan ketaatan kepadaNya…sehingga Allah memalingkan anugerahNya dari mereka… hmmm, na’uzhubillah………..

Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik. Qs.Al hasyr(59);19

Untuk mengobatinya perlu dilakukan pengulangan yaitu berzikir dan bertasbih yang dilakukan tiap pagi dan petang ……….

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.( Qs.Al Ahzaab(33):41

Mengulang ulang dengan terus mengingat Allah SWT dapat membentuk sikap yang senantiasa berdzikir dalam tiap kesempatan tanpa ada paksaan…..

Tentu saja metode yang dianjurkan dalam alquran ini dapat di menyembuhkan jenis lupa yang lainnya yaitu dengan mengingat dan mengulang informasi… subhanallah….

Semoga kita semua terhindar dari, lupa mengingat Allah SWT pagi dan petang,…ya lupa-lupa akan hal yang bersifat dunia masih bisa di maafkanlah…..he he he

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Juli 2009 in Emosi diri

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: