RSS

Kenali diri

04 Jul

Alquran menganjurkan seseorang agar berfikir tentang dirinya dalam keindahan dan ketelitian penciptaanya. Hal itu akan mendorong manusia untuk mengkaji tentang : bentuk fisik, psikologi dan anatomi tubuh.

“ Karena orang yang mengetahui keadaan dirinya secara mendetail pasti secara otomatis akan mengetahui dan mengenal Tuhannya.

Pengenalan manusia terhadap dirinya akan mampu mengendalikan & menjaga hawa nafsu dan mengarahkannya pada keimanan. Qs. Adz-Dzaaryaat(51);20-21

Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin, وَفِي الأرْضِ آيَاتٌ لِلْمُوقِنِ   20.

dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan? وَفِي أَنْفُسِكُمْ أَفَلا تُبْصِرُونَ.     21

” KENALILAH DIRIMU , MAKA KAU AKAN MENGENAL TUHANMU “

Ayat ayat Alquran yang berbicara tentang”jiwa” laksana sebuah diktat ilmu pengetahuan yang di butuhkan oleh manusia, untuk memahami jiwa yang berbeda dan memberikan arah menuju jalan yang benar.

Ayat-ayat Alquran berisi tentang: Karakter, Penciptaan manusia, tipe jiwa, sebab-sebab penyimpangan serta terapi bimbingan dan pengobatan penyakit2 hati. Qur’an adalah pemberi petunjuk pada manusia.

Dengan mengambil petunjuk dari Alquran tentang fakta fakta hakikat manusia, maka akan dapat melahirkan ilmu JIWA yang hasil dan faktanya relevan sesuai dengan kalam Allah SWT. Qs.Almulk(67):14

Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui? أَلا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ 14

Ilmu jiwa modern hanyalah mempelajari perilaku manusia daripada mengkaji jiwa itu sendiri. Dampak metode ini, melahirkan pandangan materialis yang mengembalikan semua fenomena kejiwaan pada proses fisiologi yang memandang manusia sama seperti binatang.

Para pakar ilmu jiwa modern mengikut metode riset ilmu alam, tetapi mereka hanya mengkaji fenomena kejiwaan seputar “prilaku” yang dapat dipelajari secara tematik serta analogi, mereka menjauhi hakekat jiwa karena menurut mereka “jiwa tidak bisa diteliti melalui eksperimen.

Mereka menjadikan studi tentang prilaku binatang menjadi pengantar yang alami untuk memahami manusia. Mereka melupakan bahwa ada perbedaan yang mendasar diantara keduanya yaitu roh. Ini lah yang mengakibatkan tidak tuntasnya riset tentang ilmu jiwa.

Mereka juga melupakan fenomena2 perilaku penting manusia yang mencakup :

• Sisi spiritual,

• Nilai kemanusiaan yang tinggi,

• Cinta dalam gambaran kemanusiaan yang mulia ( jauh dari sisi seksualitas yang menjadi pusat perhatian ahli jiwa modern)

• Pengaruh ibadah terhadap perilaku seseorang

• Pergolakan jiwa antara motivasi fisik dan roh

• Keselarasan kepribadian seseorang melalui aktualisasi keseimbangan antara sisi materi dg roh.

Sebagian ahli ilmu jiwa modern mengakui kelemahan ilmu jiwa modern dari sisi spiritual manusia,

Erich Fromm: analis kejiwaan modern:

“ Ilmu jiwa modern terfokus pada mekanisme dan pembentukan reaksi(prilaku) dan Insting, tanpa memperhatikan gejala-gejala mendasar manusia yang terpenting spt: cinta , akal, perasaan dan nlaii etika.

Jadi kita harus memfokuskan perhatian secara penuh terhadap kajian khasanah keislaman yang kita miliki yaitu mengawalinya dengan menggunakan Alquran & Hadist, baru setelah itu mengikuti perkembangan pemikiran beberapa riset kejiwaan para filosof dan pemikir muslim dengan tujuan mengetahui pemahaman kejiwaan Islami secara benar.

Yang tidak datang kepadanya (Al Qur’an) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji. لا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلا مِنْ خَلْفِهِ تَنْزِيلٌ مِنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ 42

Sumber  : Alqur’an wa ‘ilmu An-Nafs by Muhammad utsman Najati

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Juli 2009 in KENALI DIRI

 

2 responses to “Kenali diri

  1. andi

    8 September 2009 at 5:53 AM

    smga kita semua dapat mengambil hikmah nya…..dan melaksanakannya dlm kehidupan sehari-hari .!

     
    • dwiewulan

      8 September 2009 at 7:53 AM

      yups… amiin…

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: