RSS

Potensi Diri

20 Jun

Akhir –akhir ini dalam benakku sering sekali terlintas kata Potensi Diri…

Mengenali potensi diri sendiri  teryata sangat lah penting …

Beberapa kali sharing dan cerita-cerita  dengan seorang temen SMA …. ternyata ada beberapa hal yang bisa kita ambil ibrohnya.

Dari obrolan santai itu… menurut ku lo ya… baru terbuka dan disadari … ada potensi diri yang sering kali…kita tidak sadari bahwa itu bersumber dari karakter kita…

Tinggal bagaimana kita secara positif bisa mengembangkannya sehingga bermanfaat…

Sering kali kita terjebak dengan rutinitas dan kepuasan dengan apa yang sudah kita miliki sehingga tanpa di sadari… kita telah membuang waktu yang sangat berharga, sebagai karunia ALLAH SWT yang seharusnya kita pandai memanfaatkan…

Ini termasuk aku pribadi loh…

Sering terlintas… apa sih yang sudah kulakukan ?? bermanfaat buat siapa sajakah waktuku ini telah ku buang? Kemana saja selama ini… sehingga semua cita2, angan2 di waktu kecil dulu tak terwujud… dan kenapa baru sadar belakangan….?

Tapi apakah pantas kita menyesal seperti itu… bukankah semua memang sudah ada yang mengatur…

HIJRAH… indah terasa di telinga…

Tapi tentu tak semudah seperti mengatakannya….

Untuk mewujudkannya… butuh keberanian dan keyakinan yang besar… plus dukungan dari orang sekeliling tentunya….

Kembali kepotensi diri dan hasil obrolan dengan teman tadi….

Rasa ingin tau yang tinggi, dan iseng… itu yang ku tebak sebagai karakter yang menonjol dari dia … sayangnya sering kali dipakai untuk hal2 yang sepertinya kurang banyak manfaat… sekedar fun… biasa sih orang bilang gitu…

Sayang sekali kan… kalo tiap hari kerjaannya begitu… wah… berapa banyak waktu yang terbuang percuma…. ( ini mengandai loh… bukan berarti beliau kerjaannya gitu melulu…)

Kurasa itu karakter bawaan orok , or “udah dari sono nya” .. coba kalo dulu entah dia atau ortunya tau gimana cara memanfaatkan karakter sebagai potensi…. Wah… yakin deh…tanpa mendahului kehendak Allah… bisa jadi akan menjadi seseorang yang berbeda . Tapi yang terpenting bagaimana melakukan pekerjaan dengan rasa cinta atau lebih bisa menikmati pekerjaan …

Ini berdasarkan pengalaman loh : 2-3 tahun lalu … aku mencoba mulai melakukan bisnis yang berdasar kebiasaan buruk ku yaitu “lapar mata” , pokoknya gak boleh liat barang bagus. Bawaannya mau beli… apapun makanan, pakaian kosmetik,dll… Pokoknya ada orang nawarin barang yang sebenernya gak bermanfaat pun … di beli juga… yang di kepala selalu terlintas “ Ini enaknya di kasih kesiapa ya??”… idih… sok kaya banget ya…

setelah makin kesini sadar….(dikit sih)….. kenapa bukan jadi pihak yang nawarin sih… ya kunfayakun…

walau belum maksimal… namun itu merupakan pembelajaran yang manis… sehingga semakin kesini …kita harus makin bisa menggali… “apakah cita2 dulu waktu kecil? Apakah hobby kita? Pingin jadi apa sih dulu kita…kok sekarang jadi seperti ini?…

Kerena menurutku cita-cita waktu kecil…selain indah.. bisa jadi..itu merupakan potensi sebenernya kita…

Sudahkah kita menjadi seseorang yang sesuai dengan diri kita?? Mari kita gali …

SEMOGA kita menemukan emas di dalamnya . Amiin..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20 Juni 2009 in Potensi Diri

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: